Friday, February 27, 2015

Pengalaman Memelihara Ikan Koi Dan Tips Merawat nya

Pengalaman Memelihara Ikan Koi Dan Tips Merawat nya





















Merawat koi memang susah susah gampang, terbukti, tahun kemarin dirumah lagi buat kolam ikan, ya enggak besar-besar amat lah kolamnya. Lalu terbesit di pikiran gua untuk memelihara ikan koi, karena tubuh dan warna ikan koi yang sangat cantik gua pun tertarik untuk memelihara nya, walaupun memang harganya yang lumayan mahal bagi ku, bayangkan 1 ekor koi yang small aja 25 ribu, yang medium 75rbuan, yang large ratusan, apalagi yang extra large bayangin, cuma seekor men, 

Gak lama berpikir akhrinya terbeli juga si koi , dari yang small, medium hingga large, tapi yang large cuma sedikit haha, akhirnya nyemplung juga si koi ini di kolam barunya yang udah di endapkan semalaman, kata si koko, kalau kolam baru jangan dimasukkan ikan dulu, biarin agar air di kolam netral dulu, Agar untuk menjaga kualitas air, si koko menyarankan untuk pakai anti klorin

Hari pertama si koi mulai beradaptasi dengan tempat barunya, ada yang lagi pdkt, ada yang cinlok, ( sok tau banget ) ahaha, ya mulailah di 2 minggu pertama air mulai keruh , saatnya membersihkan air kolam, beberapa menit kemudian, kolam pun bersih, 

Pada suatu ketika , saat udah  beberapa bulan , dan air kolam sangat keruh, sampai ada lumut dinding nya, gua pun ngambil baskom dan brush untuk membersihkan dinding kolam, pembersihan pun dimulai, aku ambil baskom untuk memindahkan ikan karena takut ikan tegoncang goncang di kolam kalau nanti ku brush kolamnya pikirku, gua bersihkan lantai kolam dan dinding nya sampai bersih, setelah selesai, ku isi kolam dengan air hingga ma penuh lalu ku masukkan si koi ini ke kolam, baru ku ambil anti klorin, ehh alangkah begonya, anti klorin HABIS!! yaudalah tak apa apalah pikirku, selesai juga bersihin tu kolam, dan si koi beradaptasi dengan air yang baru, 

Keesokan harinya gua pergi ke kolam dengan rencana ingin lihat si koi ini berenang, bukan berenang lagi bahkan sudah mengambang dan mengapung, alias MATI,ohh noo,parahnya lagi ada yang sekarat, masih bisa berenang tapi seperti orang mabuk, dan bodohnya aku ada ikan yang lagi sekarat ku ambil ku pegang badannya, ku tutup matanya ku bacakan ayat alquran di sela sela sakartul mautnya, ya allah hahaha karena begitu sayang nya sama ni ikan, Allah kan juga mengatakan bahwa kita juga harus menyayangi hewan, yea -__-

Dari 25 ekor dan sekarang tinggal tersisa 7 ekor, Alhamdulillah masih ada yang hidup, dan harus menjaganya dengan ekstra, tidak boleh terulang lagi kejadian dulu, dan kata bpak biarin aja kalau mau bersihin ikan nya di dalam kolam, gaperlu dikeluarin, dan gua turuti apa yang bpak bilang, semenjak itu gua tidak pernah keluarin ikan lg saat bersihin, dan anti klorin harus wajib ada,dan sekarang gua udah belajar bagaimana cara merawat dengan baik dan sampai sekarang si koi masih hidup. Alhamdulillah

Nah kalau ada yang niat mau memelihara ikan koi, jangan seperti gua ya hahaha, harus di jaga dengan perawatan ekstra, ni aku kasi tips nya untuk memelihara koi :

  1. Rutin membersihkan kolam atau aquarium, karena koi suka tempat yang bersih, dan kita juga enak memandangnya
  2. Beri anti klorin pada kolam secukupnya, 
  3. Beri makan secukupnya, jangan berlebihan, makanan/pelet yang berlebihan juga dapat menyebabkan air cepat keruh
  4. Ikan jangan terlalu padat, sesuaikan dengan ukuran kolam
  5. Jangan membuat ikan koi stress

Nah, itulah pengalaman dan  tips singkat ala bang kumis untuk merawat koi, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment