Saturday, September 6, 2014

Bisnis aquascaping, memperindah aquarium bernilai jual

Bisnis aquascaping, memperindah aquarium bernilai jual


Calonpengusaha.com - Bagi penggemar ikan hias, istilah aquascape atau taman dalam air bukanlah hal baru. Menata vegetasi dalam air atau aquascaping merupakan hobi penunjang bagi penggemar ikan hias. Kini, hobi tersebut bisa berdiri sendiri dan menciptakan peluang bisnis baru.

Bukan cuma tanaman dalam pot yang dapat menghadirkan nuansa hijau di ruangan rumah, keindahan tanaman dalam air nan tertata apik pun bisa jadi pilihan. Biasanya akuarium hanya digunakan untuk memelihara ikan hias. Dan unsur tanaman air biasanya ditambahkan untuk memperindah akuarium.


Namun, kini justru ada tren yang menjadikan tanaman air yang awalnya hanya elemen tambahan itu sebagai unsur utama. Dengan penataan yang menarik, tanaman air itu bisa kita nikmati sebagai taman dalam air atau lebih dikenal dengan istilah aquascape.

Aquascape dapat dikatakan hobi baru yang gampang-gampang susah. Hobi ini memang belum lama dikenal di Indonesia. Tapi, bagi para penggemar ikan dengan tanaman di akuarium, istilah aquascaping bukanlah hal yang asing lagi. Menurut survei, aquascaping (memelihara ikan dan tanaman di dalam akuarium) adalah hobi kedua yang paling banyak diminati di dunia setelah fotografi.
Indonesia yang beriklim tropis dan tanahnya subur sudah sejak tahun 1950-an menjual tanaman air untuk akuarium air tawar. Namun para penghobi saat itu selalu kecewa karena tanaman-tanaman tersebut tidak dapat hidup lama di dalam akuarium.
Pada awal tahun 1997, perusahaan Aquarista di Jakarta mulai memperkenalkan teknologi peralatan Akuarium seperti peralatan CO2, pupuk akuarium, pasir, dan lampu yang tepat. Teknologi yang berasal dari Jerman ini berhasil membawa hobi aquascaping ke tingkat yang lebih tinggi.
Tanaman air dapat tumbuh segar dan subur di dalam akuarium sehingga tercipta sebuah miniatur ekosistem. Sejak saat itu fokus akuarium air tawar di Indonesia berubah drastis. Dari yang sebelumnya fokus ke ikan hias, kini beralih ke akuarium hijau tanaman air.


Jenis aquascape ini juga dibagi menjadi dua yakni air tawar dan air laut. Menurut sejumlah pengalaman pribadi, membuat jenis aquascape yang kedua ternyata jauh lebih sulit dibandingkan yang pertama. Namun walaupun demikian membuat jenis aquascape air tawar pun membutuhkan waktu untuk mempelajarinya hingga dapat menghasilkan sebuah akuarium dengan miniatur ekosistem yang sesuai dengan keinginan.

Ada tiga jenis peluang usaha yang bisa digarap dari hobi ini. Pertama, jasa set-up aquascape, yaitu menjual produk jadi mulai dari desain, pemilihan jenis tanaman dan ikannya, sampai pemasangan di akuarium. Yang kedua adalah budidaya ikan dan tanamannya. Ketiga adalah dengan menjual ikan, tanaman, peralatan, dan pakan. Istilah kerennya fishery dan nursery.
Sebagian besar peminat aquascape berada di Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat. Mereka adalah negara dengan 4 musim. Sembilan bulan dingin 3 bulan panas. Padahal untuk budidaya tanaman akuarium perlu suhu yang stabil sepanjang tahun.
“Tanaman luar negeri separuhnya dari Indonesia. Nursery paling terkenal di dunia, Tropica, di Denmark, mendapat pasokannya dari Indonesia. Mereka membeli di petani hanya 10 rupiah. Beberapa bulan merawat kemudian bisa menjual dengan harga sampai 5-8 euro (sekitar Rp 61 ribu-Rp 98 ribu) per pot. Bisnis tanaman akuarium ini memang seharusnya diarahkan ke ekspor,” papar Hendro, Redaktur Pelaksana Majalah d’FishesInternet juga turut membantu penyebaran hobi yang sudah ada sejak zaman Mesir kuno ini.
Konsumen dari bisnis aquascape ini datang dari bisa datang dari rumah pribadi, restoran maupun perkantoran. Namun biasanya konsumen yang datang dari perkantoran atau restoran tidak terlalu mempermasalahkan biaya yang harus dikeluarkan sejauh hasil yang diperoleh juga memuaskan.


“Dengan kisaran harga Rp 500 ribu hingga Rp 8 juta, customer sudah bisa memperoleh 1 set akuarium plus aquascape-nya” demikian tutur Adji Mukti, sarjana lulusan Institut Pertanian Bogor, yang mencium peluang usaha dan bisnis aquascape ini dan mendirikan konsultan jasa set-up aquascaping.

Sejalan dengan gairah masyarakat yang semakin menghargai estetika dalam seni bangunan, sekarang semakin banyak orang menggunakan jasa arsitek untuk mendapat desain rumah yang indah. Dekorasi mendapat perhatian yang besar dan aquascape dapat menjadi salah satu pilihannya. Penghobi aquascape pun dapan “menyelam sambil minum air”, menyalurkan hobi dan mendapatkan rezeki.
 
sumber :http://www.calonpengusaha.com/2014/06/bisnis-aquascaping-memperindah-aquarium.html

No comments:

Post a Comment